Bupati Basel Turun Langsung Salurkan Bantuan Bibit sawit, Pupuk Gratis Ke Petani Desa Sumber Jaya Permai

by -7 views

JURNALSIBER.COM (BANGKA SELATAN), || Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid,ST.M,.Tr.IP turun langsung menyalurkan bantuan bibit sawit dan pupuk gratis kepada petani. Bantuan program ini diperuntukan bagi petani untuk membantu petani agar tak disalahgunakan,” kata bupati dilokasi perkebunan sawit rakyat desa sumber jaya permai,Selasa(18/10/22).

Menurut Bupati Bangka Selatan, bantuan bibit sawit sebesar 15.383 batang dengan luas 111,50 hektar dan pupuk gratis ini, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani, karena dengan bantuan tersebut bisa mengurangi biaya produksi petani.
“Ia berjanji akan menganggarkan lagi bantuan bibit sawit pembelian pupuk gratis di desa-desa lainnya melalui APBD , karena program sektor pertanian menjadi salah satu prioritas janji politik saya bersama wakil bupati Bunda Debby,”ucapnya.

“Saya berharap dengan program ini bisa meringankan beban para petani sekaligus dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka.
Bantuan bibit sawit dan pupuk gratis ini sebagai bentuk perhatian pemerintah kabupaten Bangka Selatan terhadap petani kecil.

“Kalau ada oknum menperjual- belikan bibit sawit dan pupuk gratis ,jangan macam-macam dengan bantuan ini karena masyarakat kecil sangat membutuhkannya,” tegas Bupati.

Bupati bangka selatan melalui dinas Pertanian,diminta meningkatkan peran supervisi atas kegiatan pengadaan, pengawasan dan penyaluran ditingkat kelompok petani,”harapnya.

Plt dinas pertanian Gatot Wibowo
berharap peran aktif partisipasi masyarakat guna mengawasi pelaksanaan program-program bantuan ini,Untuk memastikan penyaluran berjalan dengan optimal terutama sepanjang momentum musim tanam.
Pihaknya akan mengantisipasi dengan meningkatkan sistem monitoring distribusi,” ungkap Gatot.

Tidak hanya itu saja,selain bantuan bibit sawit dan pupuk gratis.
Untuk mendapatkan pupuk bersubsidi para petani diharuskan memiliki kartu tani yang terintegrasi dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).
“Kartu Tani tersebut berisi mengenai kuota yang sesuai dengan kebutuhan petani. Untuk jumlah kuota ini tergantung dari luas lahan yang dimiliki setiap petani.

“Untuk mendapatkan pupuk bersubsidi ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para petani. Salah satu syaratnya adalah petani harus tergabung terlebih dahulu dengan kelompok tani yang ada di desa dan wilayahnya,”tambah plt dinas pertanian Bangka Selatan.

Dalam pembagian bibit dan pupuk gratis didampingi Sekda Eddy Supriyadi dan kepala desa sumber jaya permai Toha Maksum beserta jajaran OPD Pemkab Bangka Selatan serta kelompok-kelompok tani (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.