Danrem 045/Gaya Brigjen TNI Ujang Darwis Beri Kuliah Mahasiswa Kelas Internasional UBB

by -0 views

 

JURNALSIBER,COM.SUNGAILIAT – Komandan Korem 045/Gaya Brigjen TNI Ujang Darwis, MDA, M. Han memberikan kuliah wawasan kebangsaan kepada 70 orang mahasiswa Kelas Program Internasional di Kampus Universitas Bangka Belitung, Balunijuk, Kabupaten Bangka, Jumat (5/11/2022).

Brigjen TNI Ujang Darwis pada kesempatan ini menyampaikan kuliah bertajuk “”Posisi Indonesia Dalam Situasi Politik Global”.

Menurut Ujang, saat ini situasi global termasuk revitalisasi global di beberapa kawasan mengalami persaingan kekuatan militer.

Sedangkan Indonesia hingga kini masih mengalami beberapa persoalan seperti dampak pandemi covid-19 dan persoalan pertumbuhan penduduk.

Selain itu, di bidang pertahanan keamanan juga terimbas akibat dari dampak perang antara Rusia dengan Ukraina. Termasuk, kata Ujang, soal sengketa Laut Cina Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Ujang memaparkan konsep penyelesaian dengan metode “Hedging” yang saat ini banyak diterapkan oleh beberapa negara. Konsep ini diterapkan tergantung pada keuntungan yang diperoleh.

Ujang mengungkapkan saat ini Indonesia menggunakan konsep terlaksananya kerjasama dengan negara di kawasan Asia Fasifik.

“Posisi Indonesia tentang LCS yaitu Not a Claimant Tags,” kata Danrem 045/Gaya.

Kepada para mahasiswa Fisipol UBB tersebut, Ujang mengharapkan agar bisa menyambut tongkat estafet kepemimpinan. Usai pemaparan materi dilaksanakan diskusi dan tanya jawab.

Sementara Rektor UBB Dr. Ibrahim, S.Fill, M.Si. mengucapkan terimakasih kepada Danrem 045/Gaya Brigjen TNI Ujang Darwis yang telah memberikan materi kuliah kepada mahasiswa Kelas Program Internasional di Kampus UBB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0413/Bangka Kolonel Inf Denny Noviandi, Kasi Ter Korem 045 Kolonel Kav Mujahidin Al Ihwan dan sejumlah Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UBB. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.